PESERTA LOMBA MADING DIGITAL MELALUI BLOG KPU 2018

Sukseskan Pilkada Temanggung

Tentang Temanggung

Info Seputar Blog

BERSAMA KITA CERDAS - Blog ini milik Sma Negeri 2 Temanggung, menyertakan opini serta data dan fakta dalam bentuk alternatif. Tulisan seputar Pilkada Temanggung dan hal yang harus diperhatikan sebagai pemilih. Blog ini ditulis dalam Bahasa Indonesia. Sementara itu blog ini akan memuat tentang Sma Negeri 2 Temanggung dan Temanggung itu sendiri.

Your Sincerely, SMADA BLOG


Post Page Advertisement [Top]

PilkadaTemanggung

Pemilih Pemula dan Pemilih Muda


http://kelanakota.suarasurabaya.net/news/2018/197927-KPU-Intens-Dekati-Pemilih-Pemula,-Untuk-Tingkatkan-Partisipasi
 Hai sahabat pemilih cerdas. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas sesuatu yang sangat baru bagi para pemuda khususnya untuk pemuda yang baru dapat KTP alias umur 17 tahun yaitu mencoblos atau memilih pasangan calon pemimpin. Pilkada atau pemilihan kepala daerah tentunya tak lepas dari seorang pemilih. Pemilih adalah hal penting karena menentukan terpillihnya calon pemimpin daerah yang baik,jadi pilihlah pemimpin dengan bijak karena hal ini menyangkut masyarakat luas. Sebelum kita bahas lebih jauh, sudahkah kalian mengetahui info tentang pasangan calon bupati Temanggung pada tahun 2018 ini ? Kalau belum kalian bisa membacanya di artikel kami sebelumnya.
Sebelum itu kami akan menjelaska apa itu pemilih pemula dan pemilih muda
1.  Pemilih pemula
Pemilih pemula adalah pemilih yang baru pertama kali akan melakukan penggunaan hak pilihnya. Pemilih pemula terdiri dari masyarakat yang telah memenuhi syarat untuk memilih. Pemilih pemula akan terus bertambah setiap tahunnya, Pemilih pemula adalah mereka yang baru pertama kali memilih, biasanya berusia 17-21 tahun. Biasanya pemilih pemula masih awam dalam sebuah pemilihan karena belum berpengalaman memilih calon pemimpin.
Pemilih pemula diharapkan bisa memilih sesuai keinginan tanpa paksaan dari pihak lain karena sangat mempengaruhi pilkada dengan jumlah yang banyak dan semakin bertambah.
2.  Pemilih muda
                Pengertian dari  pemilih muda kurang lebih sama dengan pemilih pemula,namun hal yang membedakan dari  pemilih muda adalah sudah pernah mencoblos sebelumnya.
Semua warga memiliki hak dalam pilkada, namun tidak semua orang dapat memilih karena ada syarat yang harus dipenuhi. Adapun syarat seorang pemilih sebagai berikut,

  • WNI yang berusia 17 tahun atau lebih atau sudah/pernah kawin.
  • Tidak sedang terganggu jiwa/ingatannya
  • Terdaftar sebagai pemilih.
  • Bukan anggota TNI/Polri aktif
  • Tidak sedang dicabut hak pilihnya
  • Terdaftar di DPT.
  • Khusus untuk Pemilukada calon pemilih harus berdomisili sekurang-kurangnya 6 (enam) bulan didaerah yang bersangkutan.
Selanjutnya, kita akan membahas cara mencoblos. Walaupun terdengar sepele tetapi harus tetap di perhatikan karena kesalahan sedikit saja bisa membuat surat suara itu tidak sah. Hal yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut.
Ambilah surat suara dan ceklah,apabila terjadi kerusakan maka anda bisa menggantinya sebanyak 1 kali. Saat dibilik dilarang menggunakan kamera ataupun telephone atau alat komunikasi lainnya.Cobloslah surat suara dengan alat coblos yang telah disedikan,karena jika mencoblos dengan selain yang disedikan maka akan membuat surat suara tersebut menjadi tidak sah. Dan letak yang sah untuk mencoblos adalah di foto atau gambar calon, ataupun di nomor urut atau nama pasangan calon. Setelah itu tutup kembali surat suara masukkan ke kotak yang telah disediakan dan jangan lupa untuk mencelupkan jari anda ketinta,sebagai tanda bahwa kalian telah menggunakan hak pilih.
Adapun hal – hal yang membuat surat suara tidak diterima adalah; Mencoblos lebih dari satu di gambar yang berbeda,mencoblos menggunakan selain yang telah disediakan,surat suara robek, dan surat suara terdapat coretan.

Ada beberapa tips bagi kalian yang masih bingung untuk memilih. Pilihlah pemimpin yang jujur,peduli dengan masyarakat bawah,jauh dari rumor negatif,ramah lingkungan(ramah dan bersahabat dengan siapapun dari kalangan masyarakat apapun),memperhatikan kemajuan pendidikan,bisa mengurangi pengangguran,membuat aman dan nyaman daearah yang dipimpinya. Intinya, pilihlah pemimpin yang terbaik yang mampu membuat masyarakatnya hidup lebih sejahtera. 
http://republika.co.id/berita/jurnalisme-warga/wacana/15/11/24/nyakcz336-merayu-pemilih-pemula-pada-pemilu


3 comments:

  1. Jadilah pemilih pemula dan pemilih muda yang cerdas..

    ReplyDelete
  2. jadilah pemilih jangan jadi pemutih, bukan pemutih pakaian loh ya 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadilah pemilih jangan jadi pemutih, bukan pemutih pakaian loh ya 😁

      Delete

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Hzn